021- 877 12 858 info@akbidtuguibu.ac.id

Kompetensi Lulusan

KOMPETENSI LULUSAN

A. KOMPETENSI UTAMA

Kompetensi utama lulusan Akbid Yaspen Tugu Ibu adalah :

  1. Mampu memberikan dan menerapkan konsep serta prinsip keilmuan asuhan kebidanan yang bermutu tinggi secara efektif, aman secara holistik dengan memperhatikan aspek budaya setempat terhadap ibu hamil, bersalin, nifas dan menyusui, bayi baru lahir, balita dan kesehatan reproduksi pada kondisi normal.
  • Mampu melakukan upaya promotif, preventif, deteksi dini, penanganan kegawatdaruratan dan pengambilan keputusan klinis yang sesuai dengan kewenangan dan kode etik profesi bidan.
  • Mampu melakukan komunikasi efektif dengan klien, masyarakat, dan profesi lain dalam pelaksanaan asuhan kebidanan komunitas.

    B. KOMPETENSI PENDUKUNG
  • Mampu memberikan asuhan kebidanan secara komprehensif kepada klien dan masyarakat dengan pendekatan komunikasi efektif, nilai dan sikap prilaku bidan professional.
  • Mampu memberikan asuhan dasar pertolongan pertama pada trauma meliputi pertolongan dasar pada kecelakaan, keracunan, luka bakar, henti napas, pertolongan pada serangan jantung dan evakuasi korban bencana masal

    C. KOMPETENSI PILIHAN
  • Kompetensi lain/pilihan lulusan Akbid Yaspen Tugu Ibu adalah :
  • Mampu memberikan asuhan kebidanan di era globalisasi dengan penguasaan   bahasa asing yaitu bahasa inggris dan mampu mengelola serta mengembangkan jiwa kewirausahaan ditempat pelayanan kesehatan (tempat praktik klinik)

PROGRAM PEMBELAJARAN

Pendidikan Diploma III Kebidanan AKBID YASPEN TUGU IBU merupakan pendidikan Vokasional yang menghasilkan Bidan Pelaksana dengan gelar Ahli Madya Kebidanan (AM.Keb), dengan beban studi sekurang-kurang nya 110 (seratus sepuluh) SKS dan sebanyak-banyak 120 SKS yang dijadwalkan untuk 6 semester ( 3 tahun ) dan selama – lamanya 10 semester (5 tahun ). ( Kepmendiknas 232/U/2000)

Berdasarkan kurikulum inti pendidikan D-III kebidanan tahun 2011, jumlah SKS inti 96 SKS dengan perincian Teori (T) = 39 SKS, Praktikum (P)=34 dan Klinik (K)= 23 SKS dengan pembelajaran praktek sebanyak 60%. Sedangkan untuk kompetensi pendukung dan kompetensi lain ditambahkan mata kuliah muatan local dengan beban 17 SKS.